Rabu, 03 Juli 2019

Jenis jenis Pinjaman Dana




Uang menjadi kebutuhan utama manusia saat ini. Tanpa uang mungkin manusia tidak bisa hidup. Tidak sedikit orang-orang disekitar kita yang terkadang mengalami himpitan ekonomi. Solusinya adalah melakukan pinjaman ke bank. Banyak sekali penawaran-penawaran kredit yang diberikan oleh bank untuk bisa menarik nasabahnya. 
Salah satunya adalah dengan cara memberikan berbagai jenis-jenis pinjaman dana. Jadi untuk kamu yang ingin melakukan peminjaman uang, jangan lupa lihat dulu apa kebutuhanmu dan jenis kredit apa yang pas. 
Pada umumnya, ada beberapa jenis pinjaman dana yang ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia. Berikut adalah penjelasannya dari berbagai jenis pinjaman dana tersebut.

Pinjaman Dana Tunai Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu jenis pinjaman tunai tanpa ada jaminan atau agunan. Jadi, jika kamu ingin mengajukan pinjaman jenis ini, kamu tidak perlu repot-repot mencari jaminan apa yang bisa diberikan kepada bank. 
Kredit jenis ini juga dapat lebih cepat, karena tanpa harus melakukan pengecekan agunan atau jaminan, jadi bisa langsung diproses. Kredit ini bisa kamu dapatkan di bank-bank yang ada di Indonesia, karena hanya di bank yang menyediakan jenis pinjaman tanpa agunan. Jika kamu ingin mengajukan jangan lupa lengkapi syarat-syaratnya terlebih dahulu. 
Berikut adalah syaratnya jika ingin mengajukan, diantaranya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), slip gaji, kartu kredit aktif, dan rekening koran selama 3 bulan terakhir.


Baca juga: Keuntungan KTA HSBC yang Perlu Anda Ketahui


Pinjaman Dana Tunai Dengan Agunan

Jenis kredit ini artinya kamu harus memiliki aset untuk bisa dijadikannya sebagai jaminan kepada bank. Beberapa barang yang bisa kamu jadikan agunan atau jaminan diantaranya adalah sertifikat tanah atau rumah, dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Nilai barang yang kamu jadikan jaminan akan menjadi patokan berapa pinjaman yang bisa kamu dapatkan. 
Rata-rata yang bisa diberikan oleh bank adalah sekitar 70-80% dari nilai jual jaminan yang kamu berikan. Jadi misal kamu memberikan jaminan BPKB motor kamu yang seharga 10 juta, maka pinjaman yang bisa kamu dapatkan adalah 7 sampai 8 juta rupiah. 
Jadi, semakin tinggi nilai jual jaminan kamu, semakin besar pula pinjaman yang akan kamu dapatkan. Untuk syarat jika kamu ingin mengajukan kredit jenis ini tidaklah jauh beda dengan KTA, hanya saja kamu harus membawa jaminan yang akan berikan.

Kredit Usaha Rakyat

Sesuai dengan namanya, kredit jenis ini dikhususkan untuk orang-orang yang membutuhkan modal untuk melakukan usaha.kredit jenis ini masih dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu KUR Mikro dan KUR Ritel. KUR Mikro adalah jenis kredit yang diperuntukan hanya untuk usaha mikro dan tanpa agunan. 
Dana yang bisa didapatkan dari KUR Mikro ini adalah sebesar 25 juta. Sedangkan jenis yang kedua, yaitu KUR Ritel adalah jenis kredit yang diperuntukan untuk usaha kecil dan kelas menengah dengan menambahkan jaminan atau agunan. Dana yang bisa didapatkan dari KUR Ritel ini cukup besar, yaitu 500 juta rupiah. 
Untuk syarat-syaratnya, baik untuk KUR Mikro maupun KUR Ritel itu sama hanya saja untuk KUR Ritel perlu membawa agunan atau jaminan. Syarat lainnya adalah seperti KTP, NPWP, KK, rekening koran, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), pas photo ukuran 3x4cm, dan proposal usaha jika kamu ingin mendirikan usaha.

Pinjaman Dana Tunai Koperasi

Beberapa orang masih banyak yang menjadikan pinjaman koperasi sebagai tujuan pinjaman tunai. Hal ini mungkin dikarenakan, pinjaman koperasi tidak memerlukan agunan atau jaminan, sehingga banyak yang tertarik. Selain itu, bunga yang diberikan juga tergolong rendah. 
Namun, jumlah dana yang kamu pinjam tidak bisa sebanyak pinjaman yang lain, karena sumber dana utama dari koperasi adalah dari anggotanya. Perlu diketahui juga, untuk bisa meminjam di koperasi kamu harus tergabung dulu menjadi anggotanya, karena hanya anggota yang akan bisa menikmati fasilitas ini. 
Untuk bisa meminjam syaratnya terkadang tergantung pada koperasinya, namun pada umumnya adalah seperti KTP, NPWP, slip gaji, kartu keluarga dan rekening listrik. 

Pinjaman Tunai Online

Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa kredit secara online. Dengan memanfaatkan teknologi yang maju begitu pesat, semua kebutuhan manusia telah dibuat dalam bentuk digital agar lebih praktis. Tidak sedikit yang tertarik untuk meminjam atau melakukan kredit secara online ini. 
Karena tentunya memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah hemat waktu, tidak ribet, cepat, suku bunga rendah, dan banyak promo-promo menarik. Dengan melakukan pinjaman secara online, kamu jadi tidak perlu lagi datang berbondong-bondong ke bank. 
Syarat yang diberikan juga tidaklah sulit, hanya KTP, NPWP, slip gaji, dan mungkin Kartu Keluarga. Yang penting syarat utamanya adalah kamu harus memiliki smartphone dan kuota internet untuk bisa mengaksesnya. Untuk masalah pinjaman tunai secara online kamu bisa langsung ke CekAja.com untuk cari tahu tentang pinjaman tunai secara online.

Itu adalah jenis-jenis pinjaman dana. Ada banyak sekali bukan. Jadi kamu bisa memahaminya dulu satu per satu sebelum melakukan kredit ke bank atau pun secara online. Serta jangan lupa untuk mencatat semua syarat-syarat yang sudah diberikan. Karena jika dokumen kalian tidak lengkap, kesempatan untuk mendapat pinjaman akan sangat kecil sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar